Perpanjang SIM di Gerai Samsat Tamini Square

1 comment
SIM A milik saya habis masa berlakunya bulan Februari 2017. Dari akhir tahun lalu saya sudah cari-cari info lokasi perpanjangan SIM terdekat. Pilihannya ada 2: Gerai Samsat Tamini Square atau Sim Keliling di Komsen. 

Berhubung saya tinggal di Bekasi coret maka saya putuskan untuk mengunjungi Sim Keliling dulu yang hadir tiap hari Selasa di Jl Wibawa Bakti Komsen. Jadilah Selasa minggu lalu saya cek rute dan lokasi SimLing Komsen, jam 10 sampai di tempat sudah mengular antrean orang yang hendak memperpanjang SIM. Setelah ngobrol dengan salah satu petugas disana saya disarankan menunggu awal tahun untuk memperpanjang SIM, karena kalau diperpanjang hari itu maka masa berlakunya hanya sampai 2021, rugi setahun. Sekalian saya tanyakan kemungkinan untuk mengurus perpanjangan di Gerai Samsat Tamini Square, dengan pertimbangan waktunya lebih fleksibel dan hari Sabtu pun buka. Alhamdulillah ternyata bisa. 

Hari Sabtu jam 9.30 saya sudah sampai di Tamini Square. Mall masih tutup tapi kendaraan yang parkir sudah banyak. Oleh satpam saya diarahkan untuk masuk melalui pintu karyawan di dekat lokasi bongkar muat. Gerai Samsat sendiri ada di lt. UG dekat D'Cost. Ternyata sepagi itu antrean sudah panjang melingkar lingkar, rupanya itu antrean orang yang akan mengurus perpanjangan STNK, alhamdulillah antrean perpanjangan SIM tidak separah itu. 

Pertama-tama saya ikut tes kesehatan dulu, hanya ada 4 orang yang antre disitu, tes kesehatan hanya mengukur tekanan darah dan menjawab 4-5 soal tes Ishihara (buta warna). Saya melihat ada alat refraksi mata tapi tidak digunakan. Setelah membayar Rp.25000 saya antre untuk mengisi formulir pendaftaran, syaratnya melampirkan SIM asli dan fotokopi KTP+SIM @1 lembar. Langkah berikutnya adalah antre untuk foto dan cap jempol/tanda tangan, ini yang menghabiskan waktu lumayan lama. Untungnya AC mall sudah dinyalakan dari pagi dan toko-toko belum buka sehingga bisa menunggu dengan nyaman meskipun duduk di lantai karena kursi yang tersedia sangat minim. 

Sekitar 1,5 jam kemudian nama saya dipanggil. Setelah konfirmasi data, foto, tanda tangan dan cap jempol, SIM A pun saya dapatkan. Total biaya yang dikeluarkan Rp. 175rb , total waktu 2 jam. Sangat mudah, nyaman dan relatif cepat tanpa melalui calo. Berminat mencoba? 

Gerai Samsat Tamini Square:
Senin - Kamis 09.00-13.00
Jumat - Sabtu 09.00-11.00
Sebaiknya datang sebelum jam buka atau selambatnya 30 menit dari jam tutup.


Related Posts

1 comment

  1. Terima kasih informasinya. Pas saya lagi akan perpanjang Sim :)

    ReplyDelete

Post a Comment